Januari hampir berakhir , Natal dan tahun baru sudah terlewat , tapi selalu ada hal untuk diingat. Apa yang tersisa dari cerita Natal dan Tahun Barumu ? Kisah yang bercampur aduk. Bahagia , sedih , bersemangat, itu adalah Natalku. Diantara semua kisah setidaknya ada yang bisa dibagikan :).

Tentang pakaian Natal pasti seru untuk dibahas. 


Bagaimana caramu mendapatkan pakaian baru untuk Natal ? Membelinya ? Aku pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli satu atau dua potong pakaian untukku dan berakhir dengan beberapa potong pakaian untuk Alexa dan beberapa buku. Untukku ? Hahaha .. tiba-tiba aku punya ide lain : Menjahit pakaianku sendiri ! Dan sialnya aku tak pernah menyempatkan waktu menjahit selain satu hari atau beberapa jam sebelum acara dimulai. Selalu begitu :(

Dan inilah hasilnya , hanya sempat untuk sesuatu yang sederhana tapi cukup membuatku senang karena aku menggunakan kain yang sudah lama aku beli tapi lupa akan dibuat apa.
Kain ini aku beli dengan harga diskon sangat murah di Revo Town Mall ,Bekasi. Menurut penjualnya kain ini sejenis songket. Setelah dibeli kain ini menganggur sekian lama di lemari karena motifnya terlalu sederhana tapi ramai karena warnanya. See ?

Jadi aku menjahitnya jadi rok span sederhana dengan penambahan furing hero atau arrow supaya lebih bagus dan lebih kuat. Karena kain sejenis songket ini memiliki tenunan yang jarang sehingga mudah berserabut dan mudah sobek kalau tidak diberi furing.

Langkahnya mudah kok :

1. Pertama buatlah pola dasar rok sesuai ukuran (lain kali akan kita bahas). Bagi yang belum tahu polanya bisa jiplak rok yang sudah ada ya.. 
Pasang diatas kain, jangan lupa beri kampuh ya..



2. Beberapa orang menjahit dulu baru mengobrasnya tapi aku mengobrasnya dulu terutama untuk kain yang mudah berserabut seperti ini. 
Jahit semua kupnatnya terlebih dahulu.

3. Lakukan juga pada furingnya. Bentuk luar/outer dan furing/innernya sama ya.


4. Pasang resletingnya. Oops step memasang resletingnya lupa difoto.



5.Satukan furing dengan outernya dengan . Aku menyatukannya dengan bagian buruk dengan bagian buruk. Kainnya berserabut ya karena bagian pinggang nanti akan tertutup jadi tidak perlu diobras.


6. Rekatkan Staplek M33 ke bagian pinggang rok dengan cara disetrika. Hasilnya tampak seperti gambar ya.. Kemudian pasang pinggangnya kebadan rok yang sudah dipasang furing tadi.
lagi, jangan lupa kampuhnya :) .


7. Lipat keluar, jahit ujung tali pinggang seperti gambar.


8. Lipat ujungnya lalu balik dengan rapi.



9. Masukkan sisa kain kedalam seperti contoh. Sematkan jarum pentul agar tidak lari.

10. Kita akan menjahit dari bagian luar , tepat ditanda panah pada gambar.




11. Setelah pinggang terpasang dengan rapi , pasang tutup kait dengan jahit tangan. Isi sampai cukup penuh supaya kuat ya.



12. Terakhir kelim bagian bawahnya. Lihat karena aku kesulitan melangkah kalau pakai rok span jadi aku beri belahan roknya.





Mudah kan..? Aku pakai roknya untuk misa Malam Natal dipadukan dengan atasan simple yang aku buat beberapa jam sebelum acara. Sederhana tapi manis meski dibagian lengan tampak tidah rapi karena baju ini selesai dimenit terakhir sebelum berangkat. Terima kasih pada adik laki-lakiku yang membantu memasang kancing selagi aku mandi :D . Cara menjahit rok span sederhana ini juga bisa kalau kamu mau menjahit rok span kerja.