Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjahit Rok Simple Tanpa Pola


Sebenarnya sedang sibuk jahit dan vermak nih, tapi nggak sempat bikin tutorial. Akhirnya bikin selingan sejenak Jahit yang simple aja.
kebetulan punya perca ukuran 100 x 40 , lucu juga kalau dibikin rok anak. Caranya sederhana banget kok, nggak perlu bikin pola.

~Ukur panjang rok dan lingkar pinggang. Saya pakai ukuran Alexa (umur 4 tahun) lingkar pinggang 48 cm panjang rok 31 cm.

~Ukuran elastic adalah lingkar pinggang - 5 cm. 48 - 5 = 43 tambah 2 cm untuk mengunci jahitan jadi 45 cm. Saya pakai elastic lebar 3 cm.


1. Potong kain, lingkar pinggang dikali 2 . Jadi 48 x 2 = 96 cm (saya tidak potong kainnya , soalnya sayang )


2. Lipat 2 bagian.


3. Perhatikan gambar.  A kekakan 3 m B ke kiri 3 cm. Potong seperti garis merah.  Gunakan penggaris untuk menandai ya.. Bentuknya akan seperti trapesium.



4. Ban pinggang buat persegi panjang 84 cm x 6 cm. Jangan lupa beri tambahan 1,5-2 cm untuk kampuh ya.. Digambar itu terlipat 2 ya..


5. Saya obras dahulu bagian samping rok kanan kiri. Bisa juga digunting zigzag supaya tidak brudul (fray). Kemudian jahit satukan kanan kiri.

6. Jahit ujung ban pinggang.


7. Jahit satukan badan rok dan ban pinggang.


8. Lipat ban pinggang kedalam . Perhatikan hasilnya


9. Jahit keliling pada sambungan jahitan badan rok dan ban pinggang. Sisakan kira-kira 8 cm untuk masuk karet pinggang atau elastic. 


10. Masukkan karet dengan bantuan peniti. Satukan ujung elastic seperti ini. Bisa dengan jahitan zigzag supaya kuat.


11. Tutup lubang tempat memasukkan elastic. Hati-hati jangan sampai terjahit elastic-nya.

12. Jahit tengah elastic supaya nanti tidak melintir saat dipakai.
Jahitnya sambil ditarik dengan dua tangan kearah berlawanan ya.. ( diregangkan ).


13. Jahit kelim bagian bawah rok. Satu kali lipat kalau diobras. Saya lebih suka tidak diobras dan dilipat dua kali.



Tadaaa.. selesai.. rok sudah jadi.. ❤Tambahkan aplique atau kantong atau pita untuk mempermanis ya..Saya tidak tambahkan apapun karena motifnya sudah cukup ramai dan besar.


Gampang kan.. Cara ini bisa dipakai untuk rok anak maupun orang dewasa. Selamat mencoba..























  









Anastasia Lovicha
Anastasia Lovicha Hai! Aku Anastasia Lovicha Aku sangat menyukai buku. Menurutku buku memungkinkan proses belajar tidak terhenti hanya di bangku sekolah. Saat ini, di era internet, blog dan sosial media seperti buku yang terbuka. Sebagai sarana belajar yang luar biasa. Terima kasih pada orang-orang yang berdedikasi menulis dan membagikan ilmu yang mereka punya melalui buku, blog dan sosial media. Sebagai ibu dari seorang anak perempuan yang saat ini memilih pendidikan homeschooling, aku sangat terbantu dengan tulisan-tulisan itu. Karena itulah dalam blog ini aku juga akan membagikan karya, pengalaman dan cerita-cerita kami. Selain itu, aku percaya, cara terbaik untuk mengawetkan pikiran adalah dengan menuliskannya dan cara terbaik untuk menyimpan tulisan adalah dengan membagikannya.

2 comments for "Menjahit Rok Simple Tanpa Pola"

  1. Salfok, anaknya .pipinya tembem, selucu motif roknya 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Pipi bulat. πŸ˜…Terima kasih .. 😘

      Delete