Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGOPERASIKAN MESIN OBRAS PORTABLE JANOME 990D



Mesin obras portable Janome 990D adalah mesin obras pabrikan Taiwan, memiliki 2 fungsi sekaligus yaitu obras dan neci. Untuk skala rumahan atau butik mesin ini cukup rapi dan sangat membantu.

Pengoperasiannya pun sangat mudah, dalam paket pembeliannya pun sudah dilengkapi dengan buku petunjuk dan DVD yang berisi video cara pengoperasian ,bahkan juga ada petunjuk warna. Hanya karena semua itu dalam bahasa Inggris beberapa orang merasa kesulitan . Jadi dengan tulisan ini aku berharap bisa membantu teman-teman .

OBRAS BIASA / STANDART



    Step 1 : Pasang benang sesuai warnanya. Kita menggunakan 3 benang . Jadi salah satu jarum kita lepas . Bisa jarum kiri atau benang  no.4 atau jarum kanan atau benang no.3 . Aku biasa pakai jarum kanan. Tapi kalau mau lebih lebar teman-teman bisa pakai jarum kiri, artinya jarum kanan di lepas.

    Step 2 : Tekan knob pisau sampai maximal, tahan, pegang pisau pada bagian tumpul putar menghadap bawah. Hati-hati,pisau tajam.


    Step 4 : Tekan knob disampingnya, tahan. 
    Step 5 : Geser knob setting ke tanda S.
    Step 6 : Atur Stitch Length ke no.3
    Step 7 : Atur Differential Feed ratio no 1.5
    Step 8 : Siap mengobras
    Oya pisau bisa di aktifkan atau tidak. Tapi kalau mau lebih rapi pisau harus di aktifkan.

    MENJAHIT KAOS / MEMASANG RENDA / MEMASANG KARET


    Untuk menjahit kaos kita menggunakan 4 benang supaya lebih kuat dan rapi.  Pada dasarnya sama dengan pengoperasian dengan benang 3 hanya kedua jarum terpasang dan keempat benang terpasang. Step by step sudah cukup jelas ya..

    NECI


    Sudah tahu neci kan? Iya betul, neci adalah jahitan kecil di pinggir kerudung dan bisa juga untuk pakaian. Fungsinya untuk  mencegah benang-benang kain terlepas berantakan dan sebagai jahitan dekoratif.

    Berikut langkah-langkahnya :

    Step 1 : Pasang benang sesuai alur warnanya . Utuk neci kita menggunakan 3 benang . Gunakan jarum kanan , kita mau jahitannya sekecil mungkin.

    Step 2 : Knob setting di tanda R.

    Step 3 : Atur Stitch Length ke R
    Step 4 : Atur Differential feed ke no.1
    Anastasia Lovicha
    Anastasia Lovicha Hai! Aku Anastasia Lovicha Aku sangat menyukai buku. Menurutku buku memungkinkan proses belajar tidak terhenti hanya di bangku sekolah. Saat ini, di era internet, blog dan sosial media seperti buku yang terbuka. Sebagai sarana belajar yang luar biasa. Terima kasih pada orang-orang yang berdedikasi menulis dan membagikan ilmu yang mereka punya melalui buku, blog dan sosial media. Sebagai ibu dari seorang anak perempuan yang saat ini memilih pendidikan homeschooling, aku sangat terbantu dengan tulisan-tulisan itu. Karena itulah dalam blog ini aku juga akan membagikan karya, pengalaman dan cerita-cerita kami. Selain itu, aku percaya, cara terbaik untuk mengawetkan pikiran adalah dengan menuliskannya dan cara terbaik untuk menyimpan tulisan adalah dengan membagikannya.

    5 comments for "CARA MENGOPERASIKAN MESIN OBRAS PORTABLE JANOME 990D"

    1. kalau ada videonya bisa lebih jelas. terimakasih

      ReplyDelete
    2. kalau ada videonya bisa lebih jelas. terimakasih

      ReplyDelete
    3. Hallo Positive,salam kenal, terimakasih atas masukannya.. lain kali kalau saya sudah ada waktu akan saya usahakan untuk membuat videonya.bahkan tutorial-tutorial lainnya. Terima kasih juga atas kunjungannya.. ;)

      ReplyDelete
    4. Hallo Mbak, kalau mau cari yang jual pisau mesin obras Janome ini dimana ya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hallo juga mbak Shasya mohon maaf tidak dapat membantu.. Saya sudah cari tahu tapi tampaknya belum ada dipasaran..
        Atau mungkin bisa dibawa ke tempat service mbak..
        Terima kasih sudah berkunjung

        Delete