Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bunny Doll


Ceritanya ada teman yang baru saja melahirkan.. Maunya kasih hadiah yang special dan nggak pasaran. Apalagi teman tahu kalau saya bisa menjahit kan.. jadi sepertinya lebih baik buat sendiri saja kadonya.. Mau buat baju kok malas .. Jadinya browsing-browsing project-project craft yang keren tapi mudah jahitnya, ketemulah ide membuat stuffed animal ini.. Dengan sedikit modifikasi jadilah Bunny Doll cantik ini..

Bahan yang diperlukan :

Katun Jepang warna biru 50 x 50 cm
Katun Jepang polkadot pink 56 x 18 cm
Kain Nilex untuk kepala dan telinga belakang 45 x 59 
Felt dan viselin untuk telinga
Cat Akrilik untuk pewarna pipi
Benang putih atau sesuai warna kain
Benang hitam untuk mata dan hidung.
karet elastik 0,75 cm sepanjang kira-kira 10 cm.
Dakron 1/2 kg 

Ukuran-ukuran diatas tidak baku ya.. hanya sekedar gambaran. Silahkan sesuaikan sendiri.

Cara membuat boneka Bunny Doll ini gampang kok, 


1. Buat Pola seperti gambar.. dikira-kira aja ya.. Tentukan panjang dan lebar bonekanya . Ukuran yang saya pakai :
Kepala : 13,5 x 14,5 cm jadi bentuknya bulat telur
Badan : 26 x 20 cm
Telinga : panjang 30 cm ,lebar ujungnya 9 cm, pangkal 5 cm
Tangan : 3 x 22 cm dibuat agak melengkung seperti pisang ya tangannya..


2. Lepaskan pola, satukan kain bagian badan , baik bertemu baik .semat dengan menggunakan jarum pentul supaya tidak bergeser.

 3. Jahit sekeliling, sisakan bagian leher kira-kira 10 cm.


4. Gunting cekris pada bagian "selangkangan" supaya pada saat kain dibalik rapi dan tidak berkerut. Hati-hati jangan sampai terkena jahitan.


 5.Balik seperti gambar lalu setrika supaya rapi.


6. Tumpuk felt, viselin, kain baik bertemu baik . Jahit menjadi satu.


7. Balik telinga seperti gambar. Sisihkan dulu.


8. Jahit kedua tangan. Balik lalu setrika.


8. Isi tangan dengan dakron.


 9. Bordir bagian mata dan hidung dengan mesin jahit, atau bisa juga dijahit tangan.


10. Pasang telinganya ke kepala. Hati-hati karena menurut saya bagian ini yang paling sulit. Saya sampai harus membongkar pasang berulang kali. :D


11.Setelah selesai dijahit balik dan isi dacronnya di kepala dan di bagian badan. Sayang langkah yang ini lupa tidak terfoto.

12. Pasang tangannya seperti contoh.


 13. Satukan bagian kepala dan badan dengan jahit tangan menggunakan tusuk tidak terlihat atau blind stich. Boneka sudah jadi deh.. Tinggal ditambah hiasan-hiasan supaya lebih manis.


14. Lipat kain menjadi 2 lalu jahit ujungnya. Balik seperti gambar.


15. Lipat lagi seperti contoh. Jahit sekelilingnya , sisakan sedikit untuk masuk karet elastik.
Sebenarnya kelihatan kalau diperbesar tapi sepaya lebih jelas saya beri tanda bagian yang harus dijahit. semoga mudah dipahami.


 16. Jahit tepiannya supaya rapi. Kalau tepian kainnya bagus boleh juga tidak dijahit tapi yang ini saya jahit karena untuk hadiah bayi supaya aman.


17. Pasang karet elastiknya lalu tutup lubang yang tadi. Selesai deh hiasan leher si Bunny Doll.. ini juga bisa untuk ikat rambut loh.


18. Si Bunny Doll sudah jadi.. semoga hadiah ini disukai dan semoga jadi inspirasi untuk kado yang special dan penuh cinta. oh ya.. jangan lupa beri pewarna merah untuk pipi si Bunny.. Caranya .. Tuang sedikit cat akrilik , celupkan kuas lalu sapu-sapukan kuas ke perca kain nilex yang tidak terpakai untuk menyingkirkan kelebihan warna. Setelah warna dirasa pas untuk rona pipi , sapukan ke pipi Bunny.. Sekarang si Bunny jadi makin menggemaskan. :)

Kayaknya aku jadi ketagihan bikin boneka soalnya simple dan nggak perlu ukuran baku.. Menurutku ini menyenangkan..



Anastasia Lovicha
Anastasia Lovicha Hai! Aku Anastasia Lovicha Aku sangat menyukai buku. Menurutku buku memungkinkan proses belajar tidak terhenti hanya di bangku sekolah. Saat ini, di era internet, blog dan sosial media seperti buku yang terbuka. Sebagai sarana belajar yang luar biasa. Terima kasih pada orang-orang yang berdedikasi menulis dan membagikan ilmu yang mereka punya melalui buku, blog dan sosial media. Sebagai ibu dari seorang anak perempuan yang saat ini memilih pendidikan homeschooling, aku sangat terbantu dengan tulisan-tulisan itu. Karena itulah dalam blog ini aku juga akan membagikan karya, pengalaman dan cerita-cerita kami. Selain itu, aku percaya, cara terbaik untuk mengawetkan pikiran adalah dengan menuliskannya dan cara terbaik untuk menyimpan tulisan adalah dengan membagikannya.

4 comments for "Bunny Doll"

  1. Kain nilex ya. Dari kemaren nyari nama jenis kain ini wkwkwk. Thank you mbaaa. Lucu banget ini. Pengen coba bikin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah main ke sini Mbak.. ❤

      Iya, kain Nilex, yang biasa dipakai untuk boneka semacam Upin Ipin 😊

      Yuk ah bikin.. Menyenangkan loh bikin ini.. 😊

      Delete
  2. Membuat tutorial dan diposting di blog adalah kegiatan yang paling saya suka. Tapi, menyiapkan sebuah tutorial craft bukan pekerjaan yang mudah. Perlu menyiapkan waktu dan masa yang tepat dan mood rajin yang tinggi. Hahaha. Selamat ya, tutorialnya menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada Kak Irai.. Terims kasih sudah mampir Kak.. Iya nih , moodnya sering sekali ngedrop. Makanya ikutan kelasnya Kak Irai dan Ce Maria biar ketularan semangatnya.. :). Asikk.. Terima kasih ya Kak Irai.. :)

      Delete