-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengabadikan Buah Pikir Dengan Menulis dan Menyebarkannya Lewat Internet

Friday, July 10, 2020


Pikiran itu bebas. Bebas sebebas-bebasnya. Ragaku boleh terkurung di rumah mungil kami. Pikiranku mengelana ke seluruh dunia.

Mengintip kehidupan seorang teman di Australia. Menyimak cerita masa kecil seorang ibu sambil membayangkan sedapnya bau roti yang baru keluar dari ovennya. Belajar dari cerita ibu lain mangasuh anak-anaknya. Menelisik cara memasak masakan lezat dari berbagai daerah . Belajar membuat kerajinan tangan ini dan itu. Serta mengagumi kepedulian seseorang akan sampah dan lingkungan hidup. Semua dilakukan hanya dengan sentuhan jari.

Seru ya ? Bayangkan kalau kita nggak punya raga lalu roh kita melayang kemana-mana. Hiyyy.. nggak perlu deh.. hehehe.. Terima kasih pada internet yang memungkinkan kita melihat dunia luar tanpa harus pergi kemanapun. Internet bagai jendela besar yang terbuka luas. Memungkinkan kita menjelajah kemanapun. Belajar pun bisa kita lakukan di mana saja. Seperti yang kami lakukan minggu ini.


Belajar menulis dan internet (termasuk blogging) menjadi penting dewasa ini. Mengingat hampir semua hal sekarang harus online. Thanks to duo perempuan kece yang mau berbagi ilmu secara gratis lewat group WhatsApp " Nulis dan Ngeblog Itu Asyik".

Meskipun bukan ilmu baru bagi sebagian orang, tetapi semangat yang ditularkan sungguh luar biasa. Puluhan blog baru bermunculan dalam waktu kurang dari seminggu. Isinya pun beraneka ragam. Sambil belajar menulis dan ngeblog, dapat pula ilmu yang lainnya.

Ibu-ibu dengan semangat yang tinggi menyisihkan waktu disela-sela jadwal padatnya. Heboh. Seru. Benar-benar penyegaran jiwa. Nggak salah deh aku memutuskan gabung kelas ini. Meski awalnya aku  ikut hanya agar terpacu menulis lagi. Soalnya aku sudah punya beberapa blog sendiri. Nyatanya aku malah memborong banyak ilmu baru secara gratis.



Kelas " Nulis dan Ngeblog itu Asyik " ini dimentori oleh Ce Maria Magdalena sebagai pemilik blog www.mariamagdalena.my.id dan Kak Irai (Raihana Mahmud ) pemilik blog raihanamahmud.blogspot.com . Dilaksanakan secara online via WhatsApp group.

Ce Maria yang lucu, bersemangat dan penuh ide-ide segar sesekali melemparkan candaan khasnya , membuat suasana belajar jadi ikut bersemangat dan segar. Kak Irai yang sabar, menyenangkan dan keibuan membuat belajar jauh dari kesan menegangkan. Meski kadang tegang juga sih saat menunggu dievaluasi hehehe...

Akan tetapi, aku paling suka sesi evaluasi ini. Dari situ kita bisa melihat kekurangan tulisan kita. Kak Irai dengan sabar akan mengoreksi dan menunjukkan mana yang perlu diperbaiki. Caranya mengajar memang lumayan unik tapi mudah dipahami. Semua tugasnya...yaa ampuuun.. aku suka semua tugasnyaa. Seru !

Kak Irai ingin kami menuliskan juga kalau ada kesan negatif dari kelas ini. " Supaya ada perbaikan di kelas berikutnya " tulisnya. Kepalaku muter memikirkan hal itu. Jarang ada kelas gratis sekeren dan seasyik ini.

Aku pernah ikut kelas sastra. Belum ada pembekalan sama sekali ujug-ujug langsung ditugasi menulis cerpen berkelompok. Teknisnya seperti apa juga nggak dijelaskan. Sedangkan peserta belum saling kenal atau saling sapa. Kelas berakhir bubar karena hanya satu orang yang menulis. Berbeda dengan kelas ini, yang entah bagaimana membuat kami merasa begitu dekat dan enggan untuk berpisah.

Komunikasi mengalir begitu saja. Saling melempar canda, gagasan, dan berbagai info menarik. Satu mengeluh, yang lain dengan sigap membantu. Obrolan seputar rumah tangga, buku, hiburan dan berbagai hal lainnya. Membuat kami tiba-tiba menjadi puitis atau senyum-senyum sendiri di depan layar hihihi.. Begitu harmoni. Jiwa kami yang penat karena rutinitas sehari-hari seakan hidup lagi. Seperti menemukan tujuan baru. Bagaikan muda kembali.

Ketika kelas ini usai, kuharap persahabatan ini tetap terjalin. Semoga semangat yang terpantik hari ini tetap membara di hati kita semua. Menulis, menulis dan menulis. Terus belajar dan menulis. Agar otak dan jiwa kita tetap sehat. Agar buah pikiran kita tetap abadi.

Aku akan terus menulis. Hanya itu yang bisa kulakukan untuk mengungkapkan betapa besar rasa terima kasihku pada kedua guru.

Ce Maria dan Kak Irai, bagaimana kalau diadakan kelas lanjutan ? Please..

Dari puisi "Buku" yang pernah kutulis sendiri :
 "Menulis adalah meminjamkan mata"



Author

Anastasia Lovicha

Hi.. I am Anastasia Lovicha. I love books. I read many books since I was kid. Classic books are my favorite. My other hobbies are sewing and crafting. I learned basic sewing and dressmaking at Sewing Courses. After that, I developed my knowledge by reading a lot of books, blogs and watching videos. Now, writing is my another hobby. It help me "mummifying" my thought. In this site, I will share a lot of thing about sewing and crafting. I wish you happy and like it. Thank you for visiting my blog.

  1. Suka sekali sama tulisan mu mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww.. Aku tersanjung.. 😍😍. Terima kasih Mbak Imelda

      Delete
  2. :-) :-) kelas yang asyik dan sangan bermanfaat untuk kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik bangett... Kejutan akhirnya lebih asyik lagi.. Huhu.. Terharu..❤

      Delete