Melanjutkan post kemarin, hari ini kita akan bahas tentang alat-alat jahit. Selain kain dan benang tentu diperlukan alat-alat yang penting untuk kelancaran mencipta busana atau menjahit.



1. Jarum Jahit Tangan


Jarum tangan digunakan untuk menjahit jelujur, som dan juga jahit sembunyi. Beberapa orang pemula juga menggunakannya untuk menjahit keseluruhan baju atau pakaian. Kamu juga bisa menggunakan cara ini kalau kamu tekun dan telaten. Jarum jahit tangan memiliki lubang untuk memasukkan benang dibagian pangkalnya. Ada banyak ukuran jarum tangan  mulai nomor 3- 9. Jarum nomor 3 untuk kain tipis, nomor 6 untuk kain semacam katun dan nomor 9 untuk kain tebal
seperti jeans atau drill.

2. Jarum Mesin jahit


Jarum mesin jahit berbeda dengan jarum jahit tangan. Jarum ini memiliki lubang untuk memasukkan benang pada ujungnya. Jarum ini memiliki banyak ukuran sesuai kegunaannya mulai dari ukuran 9-21. Mengenai jarum akan kita bahas secara mendetail di post lain.

3. Jarum Pentul


Jarum pentul digunakan untuk membantu menyemat kain agar tidak bergeser sebelum dijahit.

4. Gunting Kain


Gunting kain berkualitas biasanya terbuat dari baja, gunting ini lebih berat dari gunting kertas, lebih tajam dan juga lebih awet. Sedapat mungkin jangan gunakan gunting kain ini untuk menggunting
benda lainnya.

5. Gunting Kertas


Gunting kertas digunakan untuk menggunting pola, gunting ini lebih ringan dan harganya juga lebih murah.

6. Gunting Benang


Gunting benang berukuran lebih kecil dari gunting lainnya. Gunting ini sebenarnya tidak terlalu penting, tetapi memilikinya cukup membantu memudahkan pekerjaan.

7. Meteran


Meteran, benda ini sangat penting untuk menentukan ukuran pakaian yang akan dibuat. Meteran memiliki dua sisi dengan ukuran inchi dan sentimeter.Umumnya penjahit dan crafter di Indonesia menggunakan ukuran dalam sentimeter. Terkadang kita menjumpai penjahit dan crafter luar negeri menggunakan ukuran dalam inchi. Saat membeli meteran ini lebih baik pilihlah yang lemas, meteran yang kaku lebih mudah rusak dan putus.

8. Pendedel/Seam Ripper

Inilah sahabatnya para penjahit dan crafter. Pendedel membantu kita melepas jahitan yang salah sehingga kita bisa memperbaikinya . Pilih pendedel yang tajam dan lancip untuk memudahkan pekerjaan.

9. Kapur Jahit


Kapur jahit berfungsi untuk penanda pada kain yang akan dijahit. Kita bisa menggunakan kapur khusus jahit yang berbentuk segitiga. Atau bisa juga menggunakan pencil kaca yang juga dijual ditoko alat jahit.kita juga bisa menggunakan pulpen khusus kain yang bisa dihapus.

10. Rader/Tracking Wheel


Rader adalah roda yang berguna untuk menjiplak pola dari kertas ke kain. Radel ada yang bergerigi dan ada yang polos.

11. Karbon Jahit


Karbon jahit adalah pasangannya rader. Taruh karbon pada bagian buruk kain yang akan dijiplak pola lalu tekan dan jiplak menggunakan rader.

12. Kertas Pola


Kertas pola berfungsi untuk menggambar pola jahitan. Beberapa penjahit menggambar langsung dikain tetapi menggambar pola di kertas terlebih dahulu membantu meminimalisir kesalahan dan juga pola yang sudah kita gambar bisa kita pakai lagi jadi tentu saja meringankan pekerjaan. Kita bisa menggambar pola di karton, kertas samson, kertas sampul coklat bahkan kertas koran, yang penting permukaannya lebar.

13. Penggaris


Ada banyak macam penggaris jahit namun yang paling penting adalah penggaris lurus, penggaris 
siku dan penggaris lengkung.

14. Mesin Jahit


Mesin jahit tentu saja untuk memudahkan kita menjahit, ada mesin jahit rumah tangga model lama yaitu mesin jadul yang biasanya berwarna hitam, mesin jahit semi portable dan mesin jahit portable dan mesin jahit highspeed.

15. Sepul/bobbin/spool


Sepul atau spool adalah tempat menggulung benang sebelah bawah.

16. Sekoci/bobbin case


Sekoci adalah rumah untuk sepul atau spool.

17. Sepatu Mesin Jahit


Saat kita membeli mesin jahit biasanya sudah sepaket dengan sepatu standar dan bahkan terkadang beberapa sepatu tambahan. Terkadang kita juga memerlukan sepatu yang lain , seperti sepatu kelim, sepatu kerut dan lain-lain.

Itulah alat-alat yang diperlukan untuk menjahit. Mungkin ada yang terlewat teman-teman silahkan menambahkan atau memberitahu saya dikolom komentar. Mari kita belajar bersama-sama.

                                                                           *****